Daily Driving Blog

Pengalaman Mengemudiku

aki mobil

Tips melakukan ganti aki mobil sendiri di rumah nampaknya perlu juga untuk dipelajari. Lantaran jik ada masalah pada aki maka bisa mempengaruhi kinerja mobil secara signifikan. Bagaimana tips penggantiannya yang efisien dan benar? Langsung simak daftar berikut ini.

Wajib Tahu, Ini Tips Ganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Pelepasan Aki Lama

Hal yang perlu diingat saat ingin mengganti aki sendiri di rumah maka harus matikan mesin serta kunci kontak mobil terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari terjadinya risiko kerusakan kelistrikan mobil atau juga timbulnya percikan tak diinginkan. Cara melepas aki lama dengan melonggarkan baut kabel negatif. Nah kabel terminal negatif tersebut harus dilepaskan terlebih dahulu. Setelahnya baru menyusul bagian kabel terminal yang positif ya. Jangan sampai urutan ini terbaik agar tak menimbulkan potensi eror. Anda bisa langsung melepaskan jenis aki lama yang memang akan diganti tersebut dengan jenis yang terbaru.

Pembersihan Tempat Aki

Membersihkan tempat aki yang akan dipasangi dengan yang baru tersebut bisa menggunakan bekas sikat gigi dengan campuran baking soda. Pastikan kerak karat dalam area kabel terminalnya dibersihkan tuntas. Jangan lupa untuk mengelapnya dengan kain kering bersih lalu mengolesi dengan beberapa oli ya. Hal ini dilakukan untuk semakin memudahkan pemasangan jenis aki mobil yang terbaru nantinya. Untuk mengelapkan oli pada area wadah aki tersebut juga tak perlu dalam jumlah yang berlebihan. Secukupnya saja agar aki baru bisa terpasang lancar tanpa kendala ya.

Pemasangan Aki Baru

Nah untuk memasang aki baru ini prosedur mengencangkan pasangan kabel terminalnya dimulai dari yang bagian positif baru yang negatif. Memang kebalikan saat pelepasan jenis aki yang lama tadi ya. Pastikan juga jika ukuran, kapasitas serta peletakan kutub aki baru memang sesuai. Lakukan pemasangan tuntas. Melakukan ganti aki mobil sendiri di rumah amat memungkinkan dilalukan dengan mudah serta sederhana mengikuti panduan tips di atas. Namun harus tetap perhatikan secara teliti proses penggantiannya agar tak terjadi kendala setelahnya ya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *