Daily Driving Blog

Pengalaman Mengemudiku

Dalam proses bisnis pengelolaan keuangan juga perlu diperhatikan. Sebab ada beberapa bisnis yang terpaksa gulung tikar karena belum mampu melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Sebenarnya ada beberapa tips mengelola keuangan bisnis agar tidak rugi kedepannya. Tips mengelola keuangan bisnis agar tidak rugi tersebut bisa Anda temukan pada artikel ini. Gunakan beberapa tips yang akan dijelaskan pada artikel ini agar bisnis Anda tetap bisa berjalan dengan baik dan terus berkembang.

Mencatat semua pengeluaran yang ada

Hal pertama dalam pengelolaan keuangan bisnis yang bisa Anda lakukan adalah mencatat semua pengeluaran yang ada. Metode ini bisa Anda terapkan menggunakan kwitansi pembelian yang pernah dilakukan. Lakukan pencatatan pengeluaran ini secara rutin dan teratur. Hal ini dilakukan agar tidak ada selisih angka pada perhitungan akhir nantinya.

Baca: Yuk Intip Strategi Ampuh Cara Meningkatkan Penjualan agar Semakin Laris Manis

Menyusun biaya pengeluaran

Berikutnya Anda bisa memulai untuk menyusun biaya pengeluaran yang akan dilakukan para periode berikutnya. Sesuaikan biaya pengeluaran dengan kebutuhan yang ada dan jangan lupa untuk selalu review biaya pengeluaran agar Anda bisa tahu mana biaya yang bisa dipangkas dan mana biaya yang bisa ditambah guna perkembangan bisnis.

Memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis. Cara yang digunakan terbilang cukup mudah. Anda hanya perlu memisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis. Sebab beberapa bisnis bisa bangkrut karena tidak memperhatikan pemisahan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Kebanyakan dari mereka yang tidak memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis akan lebih mudah mencampurkan pengeluaran yang ada. Maka dari itu dengan memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis akan mempermudah Anda mendapatkan kondisi keuangan yang lebih baik.

Mencatat pemasukan yang ada

Tak hanya dari segi pengeluaran saja, namun dari segi pemasukan juga harus dicatat dengan benar dan baik. Catat pemasukan setelah tahu berapa tagihan yang harus dibayarkan seperti listrik dan air. Artinya pemasukan bersih dari apa yang Anda catat tersebut adalah keuntungan yang bisa didapatkan dalam periode yang sebelumnya.

Jadi, itulah beberapa tips mengelola keuangan bisnis agar tidak rugi yang bisa Anda terapkan. Selain mengelola keuangan dengan baik, Anda juga dapat membangun loyalitas pelanggan dengan berbagai program loyalitas yang sesuai dengan kebutuhan bisnis agar makin berkembang. Semoga bermanfaat!