Daily Driving Blog

Pengalaman Mengemudiku

Banyak orang melakukan Investasi reksadana karena beberapa alasan, diantaranya adalah karena modal awal yang bisa dikatakan terjangkau, adanya Manager Investasi yang dapat mengelola dana dan yang paling menarik adalah dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Akan tetapi, sering kali ada banyak orang yang sering kali melakukan kesalahan yang tanpa disadari, terutama para pemula. Nah, maka dari itu berikut dibawah ini adalah kesalahan yang wajib dihindari pemula dalam berinvestasi reksadana yang dapat anda jadikan sebagai referensi. 

Salah Pilih Produk Reksadana

Salah satu kesalahan berinvestasi reksadana yang wajib para pemula hindari adalah salah pilih produk Reksadana. Dalam Reksadana paling tidak ada empat macam produk yang biasanya ditawarkan. Keempat produk tersebut diantaranya adalah reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran dan reksadana pasar yang. Sebelum memilih produk anda harus paham betul apa saja karakteristik dari masing-masing produk.

Contohnya reksadana saham, produk ini memang memberikan peluang keuntungan yang besar, akan tetapi potensi ruginya pun sebanding dengan keuntungan. Jadi jika anda untung maka untungnya besar, namun jika anda rugi maka kerugiannya pun akan besar. Oleh karena itu, bijaklah dalam memilih produk Reksadana yang akan anda ikuti. 

Tidak Mempelajari Resiko Reksadana 

Kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pemula adalah mereka tidak belajar mengenai Resiko berinvestasi reksadana. Padahal reksadana adalah salah satu media Investasi yang juga memiliki resiko. Terlebih lagi untuk produk Investasi reksadana saham, potensi resiko yang dimiliki juga jauh lebih tunggu, akan tetapi juga berbanding lurus dengan peluang keuntungan yang ditawarkan. 

Saat para investor pemula ini tidak paham betul mengenai resiko, maka mereka akan sering mengambil keputusan atau langkah-langkah yang kurang bijak. Oleh karena itu, sebaiknya anda pelajari dan pahami betul resiko serta profit berinvestasi reksa dana agar anda tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. 

Pemula Malas Membaca Dokumen Prospektus

Kesalahan lain yang wajib pemula hindari dalam berinvestasi reksadana adalah ogah-ogahan membaca dokumen Prospektus. Padahal dokumen ini merupakan dokumen yang penting ketika anda melakukan investasi reksadana. Disini anda akan mendapatkan banyak informasi mengenai produk reksadana sebelum anda memutuskan untuk membeli. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ketika anda malas membaca dokumen ini dan langsung main beli reksadana, maka besar kemungkinannya anda akan merugi. Oleh karena itu baca dan pahamilah hal-hal penting yang ada pada dokumen Prospektus ini sehingga anda bisa meminimalisir kesalahan serta kerugian. Nah, tertarik investasi reksadana? Yuk, kunjungi https://www.most.co.id/reksa-dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *