Daily Driving Blog

Pengalaman Mengemudiku

Tikus adalah hewan yang menjengkelkan karena seringkali mengusik kenyamanan di dalam rumah. Bahkan hewan pengerat ini kadang menyelinap masuk ke ruang mesin mobil. Kondisi mesin yang bersuhu hangat adalah alasan kenapa hewan-hewan tersebut betah bersarang di dalamnya. Parahnya lagi, mereka menjadi penyebab ruang mesin yang kotor, bau dan menganggu performa kendaraan. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa tips mengamankan ruang mesin mobil dari tikus.

Memanaskan Mesin Mobil dengan Rutin

Anda hanya butuh waktu sekitar 3 sampai 5 menit untuk memanaskan mesin mobil setiap hari. Kalau kondisi mesin panas, tikus akan enggan naik dan masuk. Memanaskan mesin setiap hari pun akan sangat bagus untuk performa kendaraan Anda.

Ingin Kredit Brio? Yuk Cek Simulasinya di Sini

Memasang Perangkat

Solusi ini disarankan jika hewan itu sudah terasa sangat menganggu, bahkan Anda sudah cukup rutin memanaskan mesin. Anda dapat menggunakan lem tikus atau penjepit dengan umpan berupa makanan. Sebaiknya jangan memakai racun tikus karena risikonya akan menyulitkan Anda sendiri seperti mencari bangkainya dari bau busuk menganggu.

Menaburkan Aroma Khusus

Trik ini juga sering dianjurkan untuk rumah yang sering didatangi tikus. Caranya adalah dengan menaburkan bubuk kopi hitam, peppermint, atau bahkan bulu kucing dan anjing. Anda juga dapat menaburkan kamper untuk mengusir tikus dari baunya yang menyengat.

Mengamankan Akses Masuk

Kalau Anda tahu dari mana tikus-tikus itu masuk, akan lebih mudah lagi dengan menutup aksesnya. Misal, mereka sering masuk dari lubang di sudut pintu garasi, maka Anda harus menambalnya.

Memelihara Kucing

Kucing akan menjadi hewan yang tepat untuk mengusir tikus. Namun, yang harus Anda pastikan adalah kucing tersebut memang lihai dan cekatan menangkap buruannya. Bukan tipe kucing yang suka bermalas-malasan.

Baca: Cara Mencuci Mesin Mobil Dengan Benar

Memakai Lampu LED

Kabarnya, tikus tidak menyukai cahaya dari lampu LED. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba cara ini untuk mengusir dan menakut-nakuti tikus yang sering bersarang di kap mesin.

Itulah beberapa cara mengusir tikus dari kap mesin yang dapat Anda terapkan. Semoga hewan-hewan tersebut tidak lagi menganggu kenyamanan Anda menggunakan kendaraan.